Islam 100% Sempurna

Raih Kesempurnaan Agama Islam Secara Menyeluruh

  • Home
  • Daftar Isi
  • Setitik Embun
  • Obat Hati
  • Ridallah
  • Dzikir
  • Do'a
  • Sholawat
  • Opini
  • Puisi
Beranda » Al Quran » dakwah » Tarbiyah » TIPS DAN TRIK PENGEMBANGAN LEMBAGA PENDIDIKAN AL QURAN (TAMAN PENDIDIKAN QUR’AN)

TIPS DAN TRIK PENGEMBANGAN LEMBAGA PENDIDIKAN AL QURAN (TAMAN PENDIDIKAN QUR’AN)



Keberadaan TPQ di wilayah-wilayah Indonesia yang mayoritas penduduknya beragama Islam ini belum mewadahi secara maksimal keharusan setiap muslim untuk belajar membaca Al Qur’an. Meskipun hampir di setiap masjid dan musala berdiri lembaga ini, bahkan di lembaga pendidikan formal tingkat TK s.d. Perguruan Tinggi banyak yang mencantum kan materi Al-Qur’an dalam kurikulumnya. Tetapi kenyataannya lembaga-lembaga tersebut yang formal maupun non formal belum bisa mewadahi secara maksimal pembelajaran Al Qur’an ini, terbukti banyaknya anak usia SD, SMP belum bisa membaca Al Qur’an sama sekali. Bahkan ada yang sudah setingkat SMA hingga perguruan tinggi akan tetapi belum dapat membaca Al Qur’an dengan baik. Meskipun tidak ada kata terlambat dalam belajar Al Qur’an namun ini dinilai sebagai kekurangan dalam pengamalan dan ibadah dan menjadi penghambat kemajuan keilmuan dalam Islam.
Membahas secara umum TPQ kebanyakan dikelola secara tradisional, hanya dengan modal semangat keikhlasan, dan tidak ditunjang dengan sarana pendidikan yang memadai. Para pengajar model seperti inilah yang mengalami ujian terberat dalam meneguhkan hati untuk terus mengajar Al Qur’an secara konsisten (istiqomah). Kadang kala karena tidak ada apa-apanya para guru mengaji itu cenderung sesuka-sukanya, tidak konsisten dan tidak bertahan lama. Sehingga didapatinya berdiri TPQ kemudian mati / tidak berjalan terutama di daerah-daerah terpencil minus agama di seluruh pelosok nusantara ini.
Fenomena inilah yang menjadi tugas berat bagi seorang da’i (pengajak / pengajar kebaikan) agama Islam meluli jalur pembelajaran Al Qur’an, untuk terus mengembangkan kiprahnya secara konsisten demi mewujudkan masyarakat yang Qur’ani, yaitu masyarakat yang bisa baca tulis huruf Al Qur’an dan mengamalkan Al Qur’an dalam kehidupannya sehari-hari.

Yang menjadi Motifasi bagi seorang da’i atau seorang pengajar Al-Qur’an adalah nas Al-Qur’an dan hadis :
Ayat Pertama Turun Adalah perintah untuk membaca, ini menunjukkan bahwa betapa pentingnya peranan membaca ini dalam kehidupan Umat islam dengannya butuh seorang pengajar, sebagaimana ketika ayat-ayat Al Qur’an diturunkan ada perantara pengajar bagi sang nabi Muhammad SAW.  yaitu Malaikat Jibril as. Bisa saja seorang guru mengajar Al Qur’an itu seperti malaikat karena kesadaran dan keikhlasannya, dan bisa ia menjadi wali (kekasih Allah) dengan Toriqh Ta’limul Qur’an yang dijalani.
1.            Allah akan meninggikan derajat orang-orang yang beriman diantara kamu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat…..(Al Mujadillah:
11).
2.  Sebaik-baik kamu adalah orang yang mempelajari Al Quran dan mengajarkannya. (HR.Bukhari)

DALAM PERJALANAN LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM APAPUN PERLU UNTUK MEMPERHATIKAN HAL-HAL BERIKUT :

A.    STRUKTUR ORGANISASI

                       
Jika berdiri sebuah lembaga pendidikan walaupun kecil (TPQ di Desa) sangat diperlukan sebuah Struktur Organisasi kepengurusan meskipun sangat sederhana yang terdiri dari Kepala, Sekertasis dan Bendahara saja. Karena kebaikan harus terorganisir, ibarat sebuah kendaraan berjalan yang berisi rombongan itu minimal harus ada seorang sopir, pendamping sopir dan para penumpang, tidak mungkin semua menjadi sopir atau penumpang. Struktur Organisasi di sini berfungsi sebagai mesin, penggerak, pengendali dan penjaga kesetabilan.


B.     TUJUAN DAN TARGET

1.    Tujuan  Umum  :     Menyiapkan  generasi  Qurani,  yaitu masyarakat yang bisa baca tulis huruf Al Qur’an dan mengamalkan Al Qur’an dalam kehidupannya sehari-hari.
2.    Tujuan Khusus :  Anak didik mampu :

a.    Membaca Al-Quran dengan baik dan benar sesuai dengan kaidah tajwid. b.  Hafalan Surat-surat pendek dan menggunakannya dalam sholat
c.    Hafal ayat-ayat pilihan.
d.   Hafal dan Mengamalkan Doa-Doa harian
e.    Bisa Sholat dan Menjalankannya.
f.    Berakhlak mulia.
g.  Memiliki jiwa dan semangat Islam Yang tinggi.

C.    SISTEM PENGELOLAAN PENGAJARAN

1.    Setiap kelas maksimal 30 orang santri.

2.    Santri dibagi menjadi beberapa kelompok.   Setiap kelompok maksimal 6 santri dan dipimpin oleh seorang ustadz/ustadzah.
3.    Pengelompokan santri pada mulanya berdasarkan kesamaan usia.  Tetapi untuk selanjutnya didasarkan atas persamaan jilid (prestasi santri).
4.    Lama belajar dalam sehari adalah 60 menit dengan alokasi waktu sebagai berikut:

a.    15 menit pertama untuk klasikal.    Materi pelajaran yang diberikan sekitar

do’a pembukaan, asmaul husna, hafalan surat pendek

b.    30 menit untuk privat, khusus mengajarkan cara membaca Al-Quran dan

buku IQRA’.

c.    15  menit  terakhir  untuk  klasikal  kedua  yang  mengajarkan  materi  sekitar hafalan shalat dan B-3 (Bermain, Bercerita, dan Bernyanyi).


D.    MASA DAN WAKTU PENDIDIKAN

1.    Waktu belajar sore hari pukul 15.00 – 16.00 atau 16.00 – 17.00
2.    Belajar selama 6 hari dalam seminggu
3.    Masa  pendaftaran  santri  tidak  sama  dan  masa  berakhirnya  pun  tidak  sama.
Semakin pandai akan semakin cepat menyelesaikan program.
4.    Wisuda diadakan setiap akhir semester (setahun dua kali) dengan cara :

a.    Pembagian ijazah bagi wisudawan

b.    Pembagian Raport bagi yang belum lulus c.     Silaturrahim antara santri, wali, dan guru.

E.     DANA DAN BIAYA

1.     Dari uang pangkal / bangunan

2.     Dari infaq bulanan

3.     Dari donatur (Muhsinin)

Sebaiknya  diangkat  dewan  penyantun  yang  terstruktur  sebagai  penyokong dana
4.   Lembaga yang menaungi/ Pengurus Masjid dan Musholla.



F.     SARANA DAN FASILITAS

Terdiri dari ruang kelas, meubeler, buku administrasi, blanko dan kartu-kartu, alat peraga dan perlengkapan BCM (Bermain, Cerita, dan Menyanyi).
1.    Meubeler: Meja dan kursi guru, bangku santri, papan tulis, lemari, dan box-box lainnya.
2.    Buku-buku

a.    Kemuridan: Penerimaan santri baru, buku induk, daftar hadir guru dan santri, buku klapper, mutasi santri, mutasi guru, dan kunjungan rumah santri dan raport santri.
b.    Kurikulum: Persiapan bulanan, mingguan dan harian, ekstra kurikuler, dan catatan wali kelas.
c.    Keuangan: kas harian, penerimaan infaq bulanan/SPP, penerimaan seragam, setoran SPP, kas bulanan, rekapitulasi buku kas, pembelian barang/invetaris.
d.   Pelengkap: buku tamu dinas, buku tamu umum, agenda surat masuk dan keluar, buku ekspedisi, notulen rapat.
6.    Blanko dan kartu-kartu.

a.    Formulir  pendaftaran,  Buku panduan belajar,  kartu  prestasi  santri, kartu hafalan santri, kartu qiraatul qur’an (kartu tadarus), kartu infaq bulanan (SPP) dan ijazah.
b.    Lembar kurikulum

c.    Tata tertib TPQ dan ikrar santri

4. Alat Peraga

a.    Gambar peragaan shalat, bendera huruf, lembar hijaiyyah, dll. 
b.        Puzzle huruf hijaiyyah dan puzzle gambar.
5.    Alat BCM (Bermain, Cerita, dan Menyanyi)

a.    Puzzle-puzzle

b.    Bowling malaikat, ular tangga Islam, dll. c.     Nyanyian-nyanyian dan buku cerita.

G.    TATA TERTIB USTADZ/AH
1.    Pakaian seragam/berbusana muslim/muslimah.

2.    Datang 10 menit sebelum jam pelajaran dimulai

3.    Melaksanakan tugas sebaik-baiknya dengan penuh keikhlasan, kesadaran dan tanggung jawab.
4.    Pada saat mengajar guru harus mengisi kartu prestasi santri.

5.    Setelah jam pelajaran berakhir guru bersama kepala unit melakukanEvaluasi PBM (Proses Belajar Mengajar)
6.    Setiap  akhir  Ahad  kepala  unit  bersama  guru-guru  membuat  program  kerja mingguan (paket mingguan)
7.    Setiap akhir bulan kepala unit bersama guru-guru melaksanakan:

Ø       Evaluasi PBM selama satu bulan berjalan.

Ø       Menyusun program kerja untuk bulan berikutnya.



H.    TATA TERTIB SANTRI

1.    Anak muslim Usia dibawah 15 tahun, seragam sesuai dengan ketetapan pusat.

2.    Datang ke sekolah 10 menit sebelum jam pelajaran dimulai

3.    Tidak boleh diantar orang tua/wali sampai dalam kelas (orang tua/wali silakan menunggu diluar pada saat jam belajar)
4.    Selama jam belajar berlangsung, santri harus berada dalam lingkungan sekolah, kecuali atas izin kepala unit.
5.    Setiap santri harus menjaga kebersihan sekolah.

6.    Dilarang memakai perhiasan yang mencolok dan mahal/mewah.

7.    Membawa perlengkapan untuk belajar.

8.    Melunasi/membayar  kewajiban  yang  telah  dibebankan  sesuai  dengan  hasil kesepakatan antara pengurus, guru-guru dan orang tua/wali.
9.    Membayar/melunasi SBS (Sumbangan Bulanan Santri) tiap bulan.



I.       KEGIATAN EKSTRA KURIKULER

1.    Tadabbur Alam, rekreasi ketempat yang indah sehingga meningkatkan apresiasi seni  dan memantapkan kecintaan kepada Allah SWT.  Yang Maha Pencipta.
2.    Petuah (Pesantren Sabtu-Ahad) yang isinya bisa bercerita, memutar film-film

Islam.

3.    Forum Ukhuwwah : diisi dengan kunjungan ke unit lain atau ke panti asuhan atau kemana saja yang dapat memperluas pergaulan santri.
4.    Perlombaan antar unit : misalnya lomba cerdas cermat, lomba hafalan surat, dll.

5.    Show  gembira  :  misalnya  peragaan  busana  muslim,  pembacaan  puisi,  teater boneka, .
6.    Tour Dakwah pedesaan : santri dibawa ke kampung – kampung untuk melihat langsung   kehidupan   beragama   dikampung,   mungkin   sambil   membagikan permen, makanan, baju layak pakai.
7.    Paket spontanitas : misalnya ada kejadian tabrakan, anak jatuh halilintar, dll untuk diambil pelajaran.

J.      UJIAN/MUNAQOSYAH DAN WISUDA SANTRI

1.    Santri yang telah mencapai target kurikulum bisa mengikuti ujian/munaqosyah.


2.    Keputusan  lulus  diumumkan  secara  terbuka  lewat  yudisium.  Sebagai tanda kelulusan dan standarisasi santri.
3.    Pengalungan  samir bagi  para wisudawan  dalam pagelaran wisuda santri

Filosofi Taman Pendidikan Al Qur’an



SUASANA TAMAN
1.   INDAH
Sedap dipandang mata

1.   APANYA YANG INDAH?
Keseluruhan  yang  bersifat  fisik  karena
ditata secara HARMONIS.
ü   Penataan     bangunan     dan     ruang belajar  serta  segala  fasilitas  yang ada didalamnya.
ü   Juga  pakaian  santri   dan   pakaian guru dengan mengenakan pakaian seragam yang serasi.
2.   BERSIH
Resik,   tidak   kotor,   dan   tidak
jorok.
2.   APANYA YANG BERSIH?
Tiap   ruangan   (ruang   belajar,   kantor,
tempat sholat, tempat wudhu, halaman bermain), juga peralatan dan pakaian selalu dijaga kebersihannya.
3.   RAPI
Tertib,  teratur,  dan  tidak  acak-
acakan
3.   APANYA YANG RAPI?
Penataan  fasilitas  dan  aktivitas  belajar
mengajarnya,            juga            penataan administrasinya (administrasi kesantrian, keguruan, kuangan, dsb) dalam keadaan rapi (tertib dan teratur).
4.   NYAMAN
Tidak  sumpek  dan  tidak  terasa
panas
4.   APANYA YANG NYAMAN?
Keadaan    tempatnya    cukup    nyaman,
karena    udaranya    bersih,    ruangannya cukup, tidak terlalu sempit dan sumpek.
5.   MENYENANGKAN
Tidak menjemukan
5.   APANYA                                     YANG
MENYENANGKAN
Terutama         guru-gurunya         karena
disamping ramah dan berwibawa juga cara pendekatannya yang komunikatif dan variatif ditunjang dengan seni BBM (Bermain, Bercerita, dan Menyanyi)

Tweet

Jangan sampai ketinggalan postingan-postingan terbaik dari Islam 100% Sempurna. Berlangganan melalui email sekarang juga:

Atau sobat juga bisa follow Islam 100% Sempurna dengan mengklik tombol di bawah ini:

follow mas sugeng

Artikel keren lainnya:

Blogger Templates
Blogger Templates
Blogger Templates
Ditulis oleh Syamsun Juni Anwar pada tanggal
Posting Lebih Baru
Posting Lama
Beranda

RENUNGAN

Kasihanilah makhluq Allah niscaya Allah mengasihani kalian, kasihanilah orang-orang yang tertipu dengan dunia sehingga karnanya mereka meninggalkan kewajiban sholat, karnanya mereka berdurhaka kepada kedua orang tuanya, berjalan bersama teman-teman yang jelek, karnanya mereka menganggap baik perbuatan yang jelek sehingga terjerumus dalam pelanggaran dan maksiat.
Maka mereka
yang paling berhak di kasihani walaupun mereka dalam keadaan seperti itu..
Berusahalah semaksimal mungkin mengentas mereka dan mendekatkan ke kebaikan, sebagaimana wejangan Nabi saw dalam haditsnya :
فوالله لأن يهدي الله بك رجلا واحدا خير لك من حمر النعم
Demi Allah jika seseorang mendapatkan hidayah dari Allah sebab kalian, itu lebih baik daripada pahala bershodaqoh dengan hewan ternak termahal


(HABIB UMAR)

HIKMAH

"Sebaik-baik pemimpinmu ialah mereka yang kamu kasihi dan mereka mengasihimu. Kamu mendoakan mereka dan mereka mendoakanmu. Dan sejahat-jahat pemimpinmu ialah kamu membenci mereka dan mereka membencimu. Kamu mengutuk mereka dan mereka mengutuk mu. Sahabat-sahabat berkata: "Bolehkah kami menentang mereka?" Jawab Nabi: "Tidak, selama mereka tetap menegakkan sembahyang." (HR. Muslim)

Janganlah engkau mengecam IBLIS secara terang-terangan, padahal engkau adalah TEMANNYA dalam kesunyian.
(Ali Bin Abi Tholib)




  • Home
  • Sitemap
  • Ceramah
  • Rohani
  • Ahlak
  • Mp3 Sholawat
  • Contact

Popular Posts

  • PIDATO: AL-QUR’AN JALAN HIDUPKU
    Berceramah atau berpidato adalah keterampilan mulia yang Allah karuniakan pada para kekasih-Nya yang berjuang di medan da’wah. Generas...
  • KUMPULAN FOTO ULAMA' DAN HABAIB
    HABIB MUNZIR ALMUSAWA Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh, Limpahan rahmat-Nya semoga selalu menghiasi hari hari anda, saudara...
  • PIDATO: SHOLAT ITU TANDA SYUKUR
    PIDATO: SHOLAT ITU TANDA SYUKUR Assalamu’alikum Wr. Wb. إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِينُهُ وَنَس...
  • PIDATO: IBU, ENGKAU PUJAAN KU DAN SEGALANYA BAGIKU
    Assalamu’alikum Wr. Wb. إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِينُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ وَنَعُوذُ بِاللَّهِ مِنْ شُرُورِ أَنْف...
  • Istiqomah Dalam Tafakur, Tadabur Dan Muhasabah
    Hidup ini diliputi oleh masa, di belakang adalah masa-masa yang telah berlalu di tengah adalah masa yang sedang berlangsung di depan...
  • SHOLAWAT: YA BADROTIM (WAHAI PURNAMA)
    Sholawat dengan judul yabadrotim ini ada dalam Maulid Ad-Diba'i karya Al-Imam Wajihuddin Abdur Rahman bin Muhammad bin Umar bin Ali bi...
  • SEHARI SERIBU SHOLAWAT (ONE DAY THOUSAND SHOLAWAT)
    Sudah kita ketahui bersama bahwa membaca sholawat pada Nabi Muhammad adalah perintah dari Allah SWT. untuk seluruh umat Muhammad tanpa ...
  • Do'a : MUNAJAT DIPAGI HARI
    Di pagi yang cerah ini izinkanlah hamba berdo’a dan bermunajat kepadamu Ya Allah Ya rohman ya rahiim..... Sesungguhnya pagi yang terang i...
  • PIDATO: MENJADI PEMEIMPIN YANG QUR'ANI
    PIDATO: MENJADI PEMIMPIN YANG QUR'ANI Assalamu’alikum  warohmatullah wabarokatuh. إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُ...
  • HIKMAH: BELAJAR DARI AYAM JANTAN
    T ahukah anda ayam jago? Ayam jago atau ayam jantan itu mempunyai kebiasaan yang unik, kebiasaan ini Allah telah mengilhamkan kepadan...

Ta'aruf

Foto saya
Syamsun Juni Anwar
SAMSUN JUNI ANWAR dilahirkan di Tulungagung pada tanggal 11 JUNI 1983, merupakan anak ke 2 dari 4 bersaudara, dari pasangan Bapak M. Baderi dan Ibu Khusnul Khotimah. Pendidikan Dasar di Tulungagung, Menengah Pertama di Blitar, Menengah Atas sampai Perguruan Tinggi di Tulungagung. Pendidikan Dasar lulus tahun 1997 dari Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah (MII) Asy Syafi’iyah Pinggirsari Ngantru, Sekolah Menengah Pertama lulus tahun 2000 dari Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Kunir Kab. Blitar, Sekolah Menengah Atas lulus tahun 2003 dari Madrasah Aliyah Negeri I (MAN I) tulungagung. Selanjutnya pendidikan tinggi ditempuh di S-1 Syari’ah Program Studi Al Ahwalusy Syahsyiyah (AS) STAIN Tulungagung, lulus tahun 2008 dan S2 Manajemen Pendidikan Islam Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Diponegoro Tulungagung.
Lihat profil lengkapku

New Posts Read

Menu Utama

  • >> DAFTAR ISI >>>
  • RAIH RIDHO ALLAH
  • SETITIK EMBUN
  • OBAT HATI
  • # DZIKIR
  • # DO'A
  • # SHOLAWAT
  • # OPINI
  • # PUISI
  • # DOWNLOAD
  • HABIB LUTHFI
  • HABIB OMAR
  • Mp3 Sholawat
  • <<(CARI ILMU)>>
Diberdayakan oleh Blogger.
Copyright © 2014 Islam 100% Sempurna - Powered by Blogger
Template by Mas Sugeng - Versi Seluler